Soto Padang & Ikan Cuka


Aktivitas saya kali ini akan membuat dua jenis makanan yang tergolong dalam kategori soup, yaitu Soto Padang & Ikan cuka. Soto Padang sendiri adalah makanan hidangan yang berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah di goreng kering, bihun, ditambah perkedel kentang & disajikan dalam keadaan panas-panas. Sedangkan Ikan cuka atau ikan cuko adalah makanan yang boleh dibilang langka ini merupakan sebuah paduan ikan sisiak sejenis ikan tuna kecil yang berada di pasaran kota Padang di goreng dengan bumbu dan di padu dengan bawang utuh, cabe utuh ditambah bumbu rempah kemudian ditambah dengan cuka asam sehingga menghasilkan hidangan gurih dan menyegarkan ternyata kedua jenis makanan ini berasal dari pulau Andalas (Sumatera) tepatnya di Padang pantaslah masakan Padang sangat enak untuk dinikmati.
Cara membuat soto Padang tidak terlalu rumit dan hal yang kita lakukan pertama yaitu merebus dagingnya untuk mendapatkan kuah kaldu dari hasil rebusan air daging tersebut, dan jika dagingnya sudah matang irislah dagingnya lalu digoreng sampai kering kemudian buat kuahnya dengan menggunakan rempah pilihan. Setelah itu kita membuat perkedel dari kentang yang telah direbus lalu dihaluskan dan ditambahkan tepung beras kemudian digoreng. Kemudian hidangkan soto Padang dalam keadaan panas-panas.


 Pembuatan ikan cuka ini juga tidak terlalu rumit cukup marinade ikanya menggunakan lengkuas, bawang putih, bawang merah, jahe & kunyit kemudian digoreng. Pembuatan ikan cuka ini cukup simpel bagi saya karena tidak memiliki banyak metode cooking cukup menggunakan saute, dry & boiling saja. Setelah ikan sudah digoreng lalu saute bumbu rempahnya sampai layu dan tambahkan cuka lalu masukkan ikannya dan beri air kemudian tunggu sampai mendidih.



Komentar