Ingredients Food

KAPULAGA


Kapulaga adalah sejenis rempah yang dihasilkan dari biji beberapa tanaman dari genera Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae (keluarga jahe-jahean). Kedua genera ini adalah tanaman asli Bangladesh, Bhutan, India, Indonesia, Nepal, dan Pakistan; biji kapulaga dapat dikenali dari biji polongnya yang kecil, penampang irisan segitiga, dan berbentuk gelendong kumparan, dengan kulit luar yang tipis, dan biji hitam yang kecil.
Kapulaga sering digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu atau obat-obatan herbal tradisional. Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yakni kapulaga jawa (Amomum compactum) dan kapulaga seberang atau kapulaga india (Elettaria cardamomum); keduanya termasuk ke dalam suku jahe-jahean atau Zingiberaceae.
Kapulaga diperkenalkan ke Guatemala oleh pengusaha perkebunan kopi asal Jerman, Oscar Majus Kloeffer, sebelum Perang Dunia I.  Kini Guatemala menjadi penghasil kapulaga terbesar di dunia, diikuti oleh India. beberapa negara seperti Sri Lanka dan Indonesia juga membudidayakannya. Polong biji Elettaria berwarna hijau terang, sementara polong biji Amomum lebih besar dan berwarna cokelat tua.
Kini kapulaga adalah rempah termahal ketiga di dunia, setelah saffron dan vanilla.

MANFAAT KAPULAGA
1.      KESEHATAN PENCERNAAN DAN PERUT
Kapulaga kaya akan kandungan serat yang mampu mencegah sembelit. Selain itu, kandungan minyak atsiri pada kapulaga bermanfaat untuk mencegah gas di perut.
2.      SIRKULASI DARAH
Serat dan kalium yang terkandung dalam kapulaga hampir seimbang. Ada sekitar 28.0g serat atau 112% DV kalsium dan 383mg atau 38% DV, yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Disamping itu, serat dan potasium juga bekerja untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah pembekuan darah.
3.      MEMBANTU MENGOBATI GASTRITIS
Penyakit maag atau gastritis adalah kelainan fungsional dalam perut ditandai dengan berbagai gejala, seperti mulas atau kram di perut. Gastritis dapat disebabkan oleh faktor saraf, psikosomatis, kebiasaan makan atau sebagai akibat dari gaya hidup yang tidak teratur. Kapulaga mampu memberikan efek dingin pada perut yang bermanfaat untuk meredakan gastritis.
4.      MENCEGAH OSTEOPOROSIS
Adanya kandungan kalsium, vitamin D, vitamin C dan mangan pada kapulaga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis yang dapat menyebabkan kerusakan tulang.
5.      MEREDAKAN SAKIT OTOT
Kapulaga merupakan analgesik yang dapat meredakan nyeri otot dan kejang. Nyeri otot biasanya terjadi karena terlalu banyak melakukan kegiatan, cedera ketika olahraga atau terlalu banyak bekerja. Nyeri otot dapat dirasakan di bagian manapun karena hampir semua bagian dari tubuh memiliki jaringan otot.
6.      KESEHATAN GINJAL
Beberapa penelitian dilakukan untuk membuktikan khasiat kapulaga sebagai diuretik yang dapat membantu melindungi ginjal dari berbagai penyakit. Kemampuan diuretik ginjal juga berguna untuk mencegah penyakit nefritis, sistitis, serta penyakit lainnya yang berhubungan dengan saluran kemih.
7.      MENCEGAH KANKER
Kapulaga mengandung IC3 (indole-3-carbinol) dan DIM (diindolylmethane). Kedua phytochemical dapat membantu mencegah kanker yang berhubungan dengan respon hormon seperti kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker prostat. Kapulaga juga mengandung antioksidan yang memberikan perlindungan dari efek radikal bebas yang bisa memicu kanker.
8.      MENGOBATI FLU DAN BATUK
Kapulaga juga dapat membantu mengatasi flu, batuk, bronkitis, dan asma dengan memberikan efek menenangkan dan hangat serta membantu mengencerkan lendir sehingga dapat mengurangi penyumbatan di hidung dan tenggorokan.
9.      MENGATASI BAU MULUT
Di India, banyak yang terbiasa mengunyah kapulaga setelah makan atau setiap kali mereka merasa perlu untuk menyegarkan napas. Kapulaga memang merupakan salah satu solusi yang paling efektif untuk mengatasi halitosis (bau mulut). Bahkan kapulaga telah diolah menjadi permen karet yang mampu menghilangkan bau mulut yang paling tidak nyaman sekalipun.

Kandungan Gizi Kapulaga
Jumlah Per                                          100 g
Kalori (kcal)                                        311
Jumlah Lemak                                   7 g         
Lemak jenuh                                      0,7 g      
Lemak tak jenuh ganda                                 0,4 g      
Lemak tak jenuh tunggal              0,9 g      
Kolesterol                                           0 mg     
Natrium                                               18 mg   
Kalium                                                  1.119 mg             
Jumlah Karbohidrat                         68 g       
Serat pangan                                     28 g       
Protein                                                                 11 g       
Vitamin A            0 IU                        Vitamin C             21 mg
Kalsium                                383 mg                  Zat besi                                14 mg
Vitamin D            0 IU                        Vitamin B6          0,2 mg
Vitamin B12        0 µg                        Magnesium        229 mg
KARAKTERISTIK KAPULAGA
Kapulaga ialah tanaman tahunan yang berupa perdu dengan tinggi 1,5 m, berbatang semu, buahnya berbentuk bulat, dan membentuk anakan berwarna hijau. Tanaman ini mempunyai daun tunggal yang tersebar, berbentuk lanset, ujungnya runcing dengan tepi rata dengan panjang 25 – 35 cm dan lebar 10 – 12 cm. Pertulangan daun menyirip dan berwarna hijau. Batang kapulaga disebut batang semu, karena terbungkus oleh pelepah daun yang berwarna hijau, bentuk batang bulat, tumbuh tegak, dan tingginya sekitar 1 – 3 m. Batang kapulaga tumbuh dari rizome yang berada di bawah permukaan tanah. Dalam satu rumpun bisa mencapai 20 – 30 batang semu, batang yang sudah tua akan mati dan diganti oleh batang muda yang tumbuh dari rizoma lain.
Kapulaga berbunga majemuk, berbentuk bonggol yang terletak pada bagian pangkal dengan panjang kelopak bunga 12,5 cm di kepala sari terbentuk elips dengan panjang 2 mm, tangkai putik tidak berbulu, dan berbentuk mangkok. Sedangkan mahkotanya berbentuk tabung dengan panjang 12,5 mm, berwarna putih atau putih kekuningan, serta berbuah kotak dengan biji kecil berwarna hitam.

Buah kapulaga berupa buah kotak, terdapat dalam tandan kecil-kecil dan pendek. Bentuk buah bulat dan beruang tiga, setiap buah mengandung 14-16 biji dan kulit buah berbulu halus dam panjang buah mencapai 10-16 mm. Setiap ruang dipisahkan oleh selaput tipis setebal kertas, berwarna coklat atau hitam, beraroma harum yang khas. Dalam ruang biji-biji ini tersusun 2 baris yang memanjang serta melekat satu sama lain. Buah tersusun rapat pada tandan, terdapat 5-8 buah pada setiap tandannya.

TOMAT


History
Menurut tulisan karangan Andrew F. Smith "The Tomato in America", tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia. Spanyol juga membawa tomat ke Eropa. Tanaman ini tumbuh dengan mudah di wilayah beriklim Mediterania.


Nutrition
Vitamin C (23.4 mg / 100 gr, 26% Kebutuhan harian)
Vitamin A (883 IU / 100 gr, 17 % Kebutuhan harian)
Potasium (237 mg /100 gr, 7% Kebutuhan harian)
Mangan (0.1 mg/ 100gr, 6 % kebutuhan harian)
Vitamin K (7.9 mcg / 100 gr, 10 % kebutuhan harian)
Serat (1.2 g / 100 gr, 5% kebutuhan harian)
Asam Folat (15 mcg/100gr, 4 % kebutuhan harian)
Vitamin B6 (0.1 mg/ 100 gr, 4% kebutuhan harian)
Vitamin B3 (0.6 % / 100 gr, 3 % kebutuhan harian)
Zat besi (0.1 mg/ 100 gr, 3% kebutuhan harian)
Function
Orang mengenal tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah.

Perkembangan pengetahuan, sekarang tomat tidak hanya sebagai pelengkap untuk makanan melainkan juga sudah dikenal luas untuk kecantikan. Manfaat tomat untuk kecantikan antara lain adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya dengan kandungan vitamin C.

Characteristic
Terdapat buah tomat dengan kisaran warna dari hijau ketika masak, kuning, jingga, merah, ungu (hitam), serta belang-belang.
Dari ukuran dan bentuk, tomat dikelompokkan sebagai berikut:
Granola yang bentuknya bulat dengan pangkal buah mendatar dan mencakup yang biasanya dikenal sebagai tomat buah (karena dapat dimakan langsung),
Gondol yang biasa dibuat saus dengan bentuk lonjong oval (biasanya yang ditanam di Indonesia adalah kultivar 'Gondol Hijau' dan 'Gondol Putih', dan keturunan dari kultivar impor 'Roma') dan termasuk pula tomat buah,

Sayur adalah tomat dengan buah biasanya padat dan dipakai untuk diolah dalam masakan (tomat ranti) yang berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.

Fungtion
1.      Menurunkan resiko gangguan jantung.
2.      Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.
3.      Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.
4.      Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia (age-related macular degeneration.
5.      Mengurangi resiko radang usus buntu.
6.      Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.
7.      Mengobati diare.
8.      Meningkatkan jumlah sperma pada pria.
9.      Memulihkan fungsi lever.

10.  Mengatasi kegemukan.

KENTANG

History
Kentang berasal dari Peru dan Bolivia di Amerika Selatan. Pada abad ke-15 orang Spanyol membawanya ke Eropa. Ternyata, kentang bisa tumbuh dengan subur. Pada akhir abad ke-18 kentang sudah menjadi salah satu makanan utama di Eropa, di samping roti. Dari sana kentang menyebar ke jajahan-jajahan negara Eropa sampai tiba juga di Indonesia.

Di Amerika, para petani juga menanam kentang. Namun, di daerah New England kentang merupakan makanan ternak. Lalu, Thomas Jefferson menjadi duta Amerika di Prancis. Di tempat ia bertugas ini, Jefferson sangat suka pada kentang goreng gaya Prancis (french fries). Sepulang dari Prancis, tokoh terkemuka Amerika itu sering menyuguhkan french fries kepada tamu-tamunya. Akibatnya, gengsi kentang naik. Apalagi, Jefferson kemudian menjadi Presiden ketiga Amerika Serikat.
Suatu hari di tahun 1853, seorang pria memesan french fries di sebuah restoran anggun di Moon Lake Lodge,Saratoga Springs, Amerika Serikat.
Koki restoran itu, seorang Indian bernama George Crum, membuatkan french fries yang diiris tebal seperti biasa. Ternyata, tamu itu tidak puas. "Irisannya terlalu tebal!" katanya. Pelayan mengembalikan kentang goreng itu ke dapur. Koki terpaksa menyiapkan yang baru.
Kentang diirisnya lebih tipis. "Bagaimana sih, saya 'kanminta yang tipis!" kata tamu itu ketika kentang goreng kedua dibawakan. George Crum jadi kesal.
Nutrition
Jumlah Kandungan Energi Kentang = 83 kkal
Jumlah Kandungan Protein Kentang = 2 gr
Jumlah Kandungan Lemak Kentang = 0,1 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Kentang = 19,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Kentang = 11 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Kentang = 56 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Kentang = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Kentang = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kentang = 0,11 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kentang = 17 mg
Khasiat / Manfaat Kentang : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : K
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya

Function
1. mencengah kanker
2. mengurangi kadar kolesterol
3. mengurangi resiko terkena batu ginjal
4. mencengah kesehatan tulang
5. menurunkan tekanan darah tinggi
6. menjaga kesehatan jantunh
7. membentuk dan membangun sel

8. kesehatan saraf dan otak

Komentar