Daily Report How To Make Sponge


Hai semua saya akan kambali lagi untuk melakukan aktivitas seperti yang di lakukan oleh seorang juru masak di dapur, tetapi yang saya akan lakukan bukan seperti yang mereka lakukan setiap hari melaikan saya hanya belajar dari sabagiannya saja.

Di semester 5 ini saya hanya fokus mempelajari section pastry & bakery saja untuk kembali mempelajari basic awal tentang cara pembuatan cake & bread yang baik dari pak Ical dan chef Salam. Dan kali ini saya akan membuat Cremeux Cake Sponge. Jika ingig mebuat sponge dengan hasil yang baik maka suhu untuk semua bahan yang digunakan harus sama karena jiaka ada salah satu bahan yang suhunya panas atau dingin maka hasilnya pun akan jelek.

Ingredient :
Egg yolk                                  12 pcs
Egg whole                               4 pcs
Sugar                                       80 gr
Flour                                        70 gr
Cornstarch                               30 gr
Milk Powder                           20 gr
Melted Margarine                   150 gr
Baking Powder                       ¼ tsp
Lemon Juice                            1 tbsp



Cara pembuatan :

Campur gula & telur lalu aduk menggunakan mixer sampai kaku. jika adonan sudah kaku masukkan bahan kering berupa tepung dan sebagainya, lalu aduk perlahan menggunakan spatula dan masukkan lemon juice. Setelah itu masukkan melted margarine aduk lagi sejanak lalu masukkan kedalam cetakan yang telah di sediakan kemudian masukkan kedalam oven untuk dipanggang selama 10-20 menit dengan suhu 160-180 C°. setelah dipanggang selama 10-20 menit dan jika sudah matang keluarkan dari dalam oven lalu dinginkan dan angkat dari cetakannya.




Komentar