Indonesian Buffet

Halo Guys kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang produk dessert yang sebagaimana kita ketahui bahwa dessert adalah sajian yang disajikan diakhir courses dalam suatu set menu yang gunanya untuk menghilangkan kesan rasa hidangan yang terdahulu dan menutup babak penyajian makanan. Sajian dessert sering dinamakan The final course atau The last course dan berasa manis atau disebut sweet Hidangan penutup (dessert) adalah hidangan yang disajikan setelah hidangan utama (main course) sebagai hidangan penutup atau biasa disebut dengan istilah pencuci mulut. Dessert biasanya mempunyai rasa manis dan menyegarkan, terkadang ada yang berasa asin atau kombinasinya. Fungsi dessert dalam giliran hidangan (courses) adalah sebagai hidangan yang menyegarkan setelah menyantap hidangan utama (main course) yang terkadang mempunyai aroma atau rasa yang amis serta menghilangkan rasa enak.
Mungkin kalimat di atas adalah kata pembuka untuk memulai metode pembuatan sebuah produk dessert, nah kali ini saya akan menjelaskan cara membuat dua jenis menu dessert yang berasal dari Indonesia yaitu Bika Ambon dan Bubuh Injin. Pertama saya akan menjelaskan cara membuat Bika ambon, sebelum memulai tahap pembuatan Bika Ambon terlebih dahulu kita menyiapkan segala bahan yang di butuhkan untuk membuat Bika Ambon setelah semua bahannya sudah lengkap maka kita dapat membuatnya dengan beberapa step yaitu kita harus membuat t
erlebih dahulu yeast douhg atau biasa kita sebut dengan biang pembuatan biang ini sama dengan cara membuat biang untuk donat yaitu kita mencampur coconut water dengan yeast lalu di aduk sampai tercampur rata dan masukkan flour dan salt kemudian diamkan 2-3 jam hingga biangnya mengembang, sambil menunggu biang sampai mengembang kemudian panaskan coconut milk, pandan leave dan lemon grass sampai boil. Setelah setelah menunggu beberapa jam maka kita langsung mengaduk telur dan gula menggunakan mix douhg sampai adonan kaku kemudian masukkan tapioca flour & salt kedalam adonan lalu aduk kembali sampai tercampur rata, kemudian masukkan biang kedalam adonan dan di aduk lagi dan terakhir masukkan coconut milk lalu aduk kemudian masukkan adonan Bika Ambon dalam sebuah cetakan dan diamkan selama beberapa menit kemudian bakar dalam oven dengan suhu 160 C°/ 30-35 menit.
Aktivitas kedua ialah membuat Bubuh Injin, jenis dessert ini juga biasa di sebut dengan nama bubur beras ketan. Step pertama kita harus rendam beras ketan dengan air selama 4-8 jam agar tekstur beras menjadi lembek agar tidak membutuhkan waktu lama dalam proses cooking, jika waktu perendaman sudah cukup lama maka beras ketan akan di masak sampai menjadi bubur. Dalam proses memasak bubuh Injin tambahkan Cinnamon, Ginger & pandan leave kedalam beras yang sedang di masak agar aromanya jadi wangi, lalu jika bubuh Injin sudah jadi tambahkan tambahkan white sugar untuk mendapatkan rasa manis dalam bubuh Injin setelah masak maka dapat di sajikan dengan warm coconut milk.





Ingredient Bika ambon:
Yeast douhg:
Coconut water
Yeast
Salt
Flour

Coconut milk
Pandan leave
Lemon grass
Lime leave
Vanilla Bean
Salt
Egg/Egg yolk
Sugar
Tapioca flour
Foot coloring (yellow)

Ingredients Bubuh Injin:
Mung Beans
Coconut milk
Ginger
Cinnamon
Pandan leave
White sugar
Salt
Coconut cream (topping)

Komentar