Oriental Buffet

Halo Guys, kali ini saya akan menjelaskan cara membuat salad dari Appetizer tetapi pertama-tama kita harus mengetahui apa itu Appetizer? Adalah makanan dan minuman yang merangsang selera (biasanya dihidangkan sebagai makanan pembuka saja). Hidangan pembuka atau dalam bahasa Inggris disebut Appetizer dan dalam bahasa Perancis di kenal dengan istilah Hor's D'ouever. Appetizer atau hidangan pembuka disajikan dalam porsi kecil/satu atau dua gigitan (bit size). Sebagai hidangan pembuka Appetizer berfungsi merangsang nafsu makan dan disajikan sebagai hidangan pertama sebelum menikmati hidangan lainnya. Komposisi setiap porsi buat Appetizer sebanyak 50-75 gr. Nah mungkin kita telah mengetahui sedikit tentang Appetizer dan kali ini saya mempunyai dua jenis salad yang akan saya kerjakan yaitu Thai Beef Salad & Chinese Spinach and Peanuts Salad. Masing-masing jenis salad ini berasal dari Thailand dan China.
Pertama kita akan membuat Thai Beef salad, sebelum kita mengerjakannya kita harus menyiapkan bahannya setelah bahannya sudah siap untuk dikerjakan. Blanch daging beberapa menit lalu roasting selama 10 menit untuk mendapatkan tekstur medium jika beef sudah matang dingin sejenak kemudian potong tipis-tipis setelah itu potong garlic , shallot, chilli dan cucumber dengan potongan Sliced. Jika semua jika bahannya telah siap campur dalam sebuah mix bowl dan berikan fish sauce & perasan lime juice kemudian aduk hingga tercampur dengan rata lalu masukkan sugar dan cilantro oil lalu aduk lagi dan diam kan beberapa menit kemudian bisa disajikan dengan beberapa helai lettuce, dan lebih nikmat jika dimasukkan kedalam lemari pendingin dan disajikan dalam keadaan dingin.
Kemudian saya akan menjelaskan pembuatan salad yang kedua yaitu Chinese Spinach salad, step yang terlebih dahulu kita lakukan sama dengan pembuatan salad yang pertama yaitu prepare dan selanjutnya blanch Spinach dalam air yang telah mendidih selama 3 menit lalu dinginkan. Kemudian goreng kacangnya sampai matang lalu campur Spinach & kacang dalam sebuah mix bowl lalu berikan vegetable oil, sedikit vinegar dan light soy sauce. Aduk hingga soy sauce dan vinegar meresap dalam Spinach dan tambahkan gula dan garam untuk mempermantap cita rasa dari salad tersebut dan yang terakhir tambahkan beberapa Sliced ginger akan tetapi sebelum menambahkannya ginger terlebih dahulu hari dibakar agar aroma dari ginger itu dapat kita rasakan aromanya. Dan juga dapat disajikan dalam keadaan dingin juga nikmat.

Ingredient Thai Beef Salad:
Beef quality steak
Thai Chili
Garlic
Sugar
Lime juice
Lettuce
Cucumber
Shallot
Cilantro oil

Ingredient Chinese Spinach and Peanuts Salad:
Spinach
Raw Peanuts
Vegetable oil
Vinegar
Soy sauce
Sugar
Salt
Ginger

Komentar